Kumpulan Tips dan Trik, Tutorial and Game mengenai Android

Tutorial Membuat Blog di Wordpress

Tutorial Membuat Blog di Wordpress - Hallo sahabat Andronesi4n, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tutorial Membuat Blog di Wordpress, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TEKNOLOGI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tutorial Membuat Blog di Wordpress
link : Tutorial Membuat Blog di Wordpress

Baca juga


Tutorial Membuat Blog di Wordpress



Menurut Comon Tech Tutorial Membuat Blog di Wordpress – Saat ini internet sudah menjadi semacam kebutuhan primer bagi sebagian besar orang di dunia ini, tak terkecuali di Indonesia. Dan internet itu pasti berhubungan dengan website.

Hampir semua orang tahu apa itu website, istilah lain website itu situs/alamat web. Website ini dibutuhkan oleh banyak pihak, misalkan oleh perusahaan, penerbit berita, atau bahkan personal yang sekadar ingin curhat di internet saja.
Anda pasti bingung, kok di judul artikel ini cara membuat blog tapi ada kata websitenya? Nah, disini saya ingin meluruskan pemahaman Anda tentang website dengan blog. Tetapi, sebelum itu berikut ini garis besar topik pembahasan cara membuat blog :

  • Mengetahui perbedaan blog dan website
  • Memilih platform blog hosted / self host
  • Memilih topik blog
  • Cara instalasi wordpress dengan mudah
  • Cara memilih template
  • Tips-tips dasar wordpress
  • Cara promosi artikel dan meningkatkan visitor

1. Apa sih bedanya blog dengan website? atau bedanya website dengan blog?


Sebenarnya blog dan website itu sama saja, cuma peruntukannya yang berbeda. Logikanya seperti ini, ruko dengan toko itu sama aja bukan? Ya sama-sama bangunan saja, kalau ada bangunan 2 lantai, yang lantai bawah untuk toko dan lantai atas untuk rumah berarti ruko. Kalau kedua lantainya dibuat toko maka namanya toko saja, kalau kedua lantai dipakai tempat tinggal ya namanya rumah bertingkat.
Nah, sama dengan blog dan website. Situs yang kita ketik misalkan www.google.com atau itu sama-sama website, bedanya www.google.com itu website yang berjenis situs pencari (search engine) sedangkan rocketmanajemen.com itu website berjenis blog.
Jadi ada banyak sekali jenis-jenis website itu ya, ada website bertipe email seperti google mail (baca : cara membuat email),  ada website tipe toko online/e-commerce (cara membuat toko online).
Sudah paham kan sekarang? Kalau blog itu biasanya identik dengan personal saja, jadi berisikan uneg-uneg pribadi, atau seseorang yang sekadar ingin menulis tentang sebuah topik tertentu, atau bisa juga orang yang ingin menulis apapun yang ada dikepalanya. Ya seperti blog rocket manajemen 
    
ini, kadang nulis tentang manajemen, kadang bisnis, kadang contoh surat, dll.
Jadi, mau apapun bentuknya selama ditulis alamat di internet ya namanya website ya. Jadi blog itu website, tapi tidak semua website itu blog.
Semua blog itu website, tapi tidak semua website itu blog.

Nah makannya, di judul ini saya buat cara membuat blog (website), karena sebenarnya kalau kita buat blog kita juga telah membuat website.
Tapi kalau kita mau buat toko online, atau company profile gimana?
Kalau Anda mengikuti tutorial ini dengan detail dan pelan-pelan serta paham saya bisa menjamin Anda bisa membuat website entah toko online, blog, atau situs berita dengan mudah! Ya karena, disini saya akan mengajarkan cara membuat website dengan menggunakan wordpress, dengan wordpress kita bisa membuat situs apapun dengan lebih mudah.

2. Persiapan untuk membuat website dengan wordpress selfhost


Pada tutorial sebelumnya saya telah membahas dengan lengkap cara membuat blog di blogspot , untuk saat ini kita juga akan membahas lengkap tentang cara membuat blog di wordpress.
Pasti banyak yang bertanya, mengapa judul artikel ini ada “self host”? Yaps, karena yang kita bahas sekarang ini adalah wordpress versi “berbayar”. Lebih mudahnya berikut illustrasinya yang saya ambil dari panduan im :


belum jelas? Jadi begini, self hosted itu kita menginstall web/blog di domain dan hosting milik kita sendiri. Artinya kita memiliki kontrol penuh untuk memanipulasi web/blog kita.

rtinya, saya punya kontrol penuh untuk mengedit dan mengembangkan blog saya ini. Beda dengan blog hosted.
Kalau blog hosted memang kita tidak perlu menyewa domain dan hosting, dan bisa dikatakan 100% gratis. Tetapi, kita tidak memiliki kontrol penuh untuk mengembangkan blog kita. Karena, semuanya serba terbatas.
Tepat seperti illustrasi diatas, kalau self hosted kita diibaratkan memiliki rumah pribadi. Meskipun kecil, kita bebas mau dibentuk apapun rumah kita itu. Mau dicat kuning, merah, hijau atau dibuat bentuk model joglo atau apapun itu terserah kita. Karena itu rumah milik kita.
Lantas, pilih mana self hosted dengan hosted?

Kalau Anda sama sekali tidak punya uang maka tidak masalah membuat blog di self hosted.
Ada banyak sekali layanan yang menyediakan free blogging, misalnya :
  • Blogspot
  • WordPress
  • Weebly
  • Tumblr 

Tentu saja masih ada ratusan penyedia layanan gratis lainnya, tapi hanya 4 layanan blogging diatas yang benar-benar saya rekomendasikan untuk self hosted.
Tapi, dari keempat layanan tersebut saya merekomendasikan blogspot. Karena, pengalaman saya bertahun-tahun ngeblog ya blogspot. Sangat enak dikustom, dan bahkan fiturnya hampir menyamai wordpress self hosted.
Jika kita bisa ngoding web, maka kita bisa memanipulasi blogspot menjadi web apapun. Mulai dari landing page, portal berita, hingga toko online lengkap dengan checkoutnya.
Tapi, meskipun layanannya keren tapi tetap saja ada keterbatasan. Ya, karena kita harus mengikuti regulasi google selaku penyedia layanannya.
Jadi, jangan heran jika sewaktu-waktu blog kita dihapus oleh google secara sepihak. Kita tidak bisa protes kalau blog kita dihapus, kita hanya bisa mengajukan banding kecil-kecilan jika hal itu terjadi.
Apalagi jika konten blog kita mengandung hal-hal yang dilarang, misalkan situs dewasa, atau obat-obat terlarang.
Dan lagi, untuk mengoptimasi blogspot kita harus benar-benar mengerti koding. Karena, semuanya serba manual. Kalau di wordpress self hosted kan enak. Kita tinggal install plugin dan isi pengaturannya sesuai dengan selera kita.

Misal, kalau di wordpress kita bisa menggunakan YOAST SEO untuk mengoptimasi META TAG wordpress. Kita tinggal install plugin dan isi saja form sesuai dengan yang kita inginkan.
Tapi, kalau di blogspot kita harus memasang kode meta tag itu manual di editor template blogspot. Cukup ribet bukan?

Bagaimana Cara Memulai Ngeblog ?


Baru mulai ngeblog? Jadi tepat jika Anda membaca panduan ini.
Salah satu kesalahan fatal para blogger pemula adalah mereka suka ikut-ikutan.
Ya, sayapun sering dulu melakukan kesalahan ini. Saya yakin, kebanyakan blogger pemula itu ketika membuat sebuah blog berisi tutorial blogging. Dan itu sangat umum sekali.
Dan, ada satu hal lagi yaitu ada sebuah mitos kalau ingin sukses ngeblog harus mengejar HPK atau High Paying Keyword.

Apa itu HPK? HPK adalah sebuah keyword atau kata kunci dimana nilai klik dari keyword tersebut bernilai besar.

Apa ini salah dengan memilih tema HPK? Tentu saja tidak! Yang jadi masalah adalah jika kita tidak tahu apa-apa tentang tema yang kita pilih tersebut!
Misalkan begini, salah satu HPK adalah tentang perpajakan, hukum atau kesehatan. Dan Anda milih kesehatan, padahal background pendidikan Anda adalah teknik elektro misalnya.
Di logika saja sudah tidak nyambung bukan? Masak orang teknik nulis kesehatan? Pastinya konten yang dihasilkan tidak akan maksimal. Padahal seperti yang kita tahu membuat konten menarik itu adalah hal mutlak yang harus kita lakukan.
Itu masih mending kalau konten yang kita buat tidak maksimal. Kalau konten yang kita buat itu ternyata menyesatkan bagaimana?
Misal kita membuat tips kesehatan untuk memutihkan gigi. Seperti penjelasan diatas, yang buat blog itu orang teknik. Dan tips itu asal ambil aja dari google, tidak di cek di buku-buku kesehatan. Iya kalau tips itu bener, kalau salah bagaimana?
Tentu kita akan merugikan pembaca artikel tersebut bukan? Apalagi jika Anda mengenal agama pasti merasa berdosa karena membuat artikel yang tidak benar dan menyesatkan.
Karena itulah, saya mengingatkan kepada Anda yang masih blogger pemula. Jangan asal membuat konten, buatlah konten yang mendidik kepada pembaca blog Anda. Apalagi asal membuat berita heboh yang menyesatkan, memang artikel heboh dengan headline bombastis akan menjaring pengunjung luar biasa banyak. Tetapi, tidak ada berkahnya.

3. Bagaimana memilih topik blog yang tepat?


Kalau tidak menggunakan HPK lantas mau buat blog dengan topik apa?
Bagi Anda pemula saya sangat menyarankan untuk menulis blog sesuai dengan passion dan minat Anda. Tidak usah berfikir keras mau menulis tentang apa, tulis saja tentang apa yang Anda kuasai dan Anda minati.
Jadi begini, misalkan jika Anda suka sepak bola ya tulis aja tentang sepak bola. Sejarah sepak bola, klub-klub besar sepak bola, tips dasar sepak bola, dll. Jika Anda suka masak ya tulis aja tentang resep makanan atau buat vlog (video) tentang memasak.
Jika Anda suka fotografi, tulis saja tips-tips fotografi misalkan cara membeli kamera, cara mengatur ISO, cara menentukan pencahaayaan, dll.
Jadi sebenarnya gampang banget kalau cuma nulis sesuai passion itu, sama seperti saya ini. Awal mula menulis di rocketmanajemen ya karena saya suka belajar tentang manajemen dan bisnis. Kemudian saya berfikir dan mendalami kedua topik itu, maka berkembang dari hanya manajemen dan bisnis, kemudian ke akuntansi. Karena saya pikir tidak mungkin bisnis itu tanpa ilmu akuntansi.
Setelah itu berkembang lagi, kalau membahas akuntansi pasti membahas tentang uang, ya udah nulis lagi tentang ekonomi. Begitu seterusnya sampai banyak topik bahasan yang saya dan tim blog ini tulis.
Tapi tetap fokus pada pembahasan tentang bisnis. Saya yakin kalau sudah fokus pada 1 topik, maka Anda akan benar-benar bisa mendalami topik tersebut sampai ke akar-akarnya.
Ada banyak contoh blogger sukses yang menulis sesuai dengan passion mereka seperti iwanbanaran.com yang gemar otomotif, sekarang blognya telah memiliki ribuan artikel yang membahas tentang otomotif.
Maxmanroe dengan passion bisnis, dan telah menerbitkan ribuan artikel tentang bisnis, Mas sugeng yang hobi membuat dan menjual template blog, di blognya sudah ada banyak artikel tentang tutorial blogging. Dan masih banyak lagi contoh sukses lainnya.
Jadi, kenali dulu minat Anda itu apa sih? Kalau tidak tahu minatnya gimana?
Kalau saya sih simple, jika Anda mempelajari sesuatu dengan senang, rajin serta tidak merasa ada beban apapun berarti itu minat Anda!
Jika masih tidak tahu? ya mending tidak usah ngeblog aja, kecuali Anda punya uang berlimpah sehingga bisa membuat blog yang bagus dan berkualitas dengan uang Anda.

4. Tips Tutorial Cara instalasi wordpress dengan mudah


Sampai step ini saya berasumsi Anda telah memilih wordpress sebagai platform pilihan Anda ya. Jika Anda ingin memilih blogger maka baca tutorial ini : 



Halaman Proses Instalasi WordPress
Disini saya tidak akan menjelaskan secara detail ya karena saya sudah membahasnya di artikel lainnya.
Yang jelas garis besar instalasi wordpress itu ya cuma membeli domain dan hosting terus install deh.
Yaps pada intinya sih seperti itu, tetapi kalau sudah skala lebih tinggi tentu akan lebih kompleks lagi step by stepnya. Adapun cara install wordpress lewat cpanel sudah saya bahas di artikel sebelumnya.
Nah, sebelum menginstall wordpress maka sebaiknya Anda sudah membeli domain dan hostingnya terlebih dahulu ya. 
Menurut saya 2 step diatas itu cukup mudah ya? Yang penting jangan malas saja untuk membaca dan mengeluarkan modal. Ingat, modal (uang) yang akan Anda keluarkan itu pasti akan terbayar di kemudian hari.
Jadi, jika Anda yakin pasti tidak akan ada yang sia-sia.

5. Bagaimana cara memilih theme / template yang sesuai untuk wordpress?


Nah, kalau Anda sudah selesai membuat dan menginstall wordpress di hosting Anda maka kita akan ke step selanjutnya.
Pasti diawal kali ngeblog Anda akan bingung. Bagaimana sih merubah tampilan blog itu? Bagaimana cara memilih theme yang sesuai dengan web kita?
Tenang, Anda tidak sendirian dalam hal ini. Saya, dan banyak blogger juga sudah mengalaminya. Saya bahkan pernah tiap hari ganti template, sehari lebih dari 3x ganti template (sudah kayak jatah makan saja).
Itu semua wajar, jika Anda masih pemula. Tetapi, saran saya jangan terlalu gonta-ganti theme/template. Karena kalau kita berganti template akan mengubah struktur kode web kita. Kalau sudah berganti struktur kode web maka akan berpengaruh di mesin pencari. Sekian terima kasih.








Demikianlah Artikel Tutorial Membuat Blog di Wordpress

Sekianlah artikel Tutorial Membuat Blog di Wordpress kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tutorial Membuat Blog di Wordpress dengan alamat link http://www.andronesi4n.com/2017/11/tutorial-membuat-blog-di-wordpress.html
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tutorial Membuat Blog di Wordpress

0 komentar:

Post a Comment